Rabu, 12 Juli 2023

Kita Komitmen Menulis di Blog


 Gelombang ke : 29

Pertemuan ke: 8

Hari/tanggal : Rabu, 12 Juli 2023

Pukul : 19.00-21.00 WIB

Materi : Komitmen Menulis di Blog

Pemateri :Drs. Dedi  Dwitagama,M.Si.

Moderator : Dail Ma'Ruf M.Pd.

Penulis Resume : Seliweliani,S.Pd.


Blog merupakan salah satu media untuk menulis. Dan untuk memulai keberhasilan dalam menulis maka dibutuhkan suatu komitmen. Komitmen inilah yang akan membantu niat kita untuk mencapai suatau harapan. 

Pada intinya komitmen diperlukan untuk semua perbuatan yang akan dilakukan dalam waktu panjang.  Manfaat blog salah satunya dapat berinteraksi dengan murid dan dunia luar. Waktu untuk menukis blog itu dapat dilakukan kapan saja dan tempatnya pun di mana saja. 

Tahap awal mengisi blog itu tulislah dengan tema yang sesuka kita dalam waktu setahun  kiata akan mengetahui mana yang banyak pembacanya, mau penuhi minat pembaca atau terus sesuka kita, yang penting kita tetap komitmen.

Menulis di blog itu pasti ada lelahnya. Jika memnag kita lelah ya berhenti saja dulu. Nanti jika ingin menulis ya kembalilah menulis. Jadi kita harus menikmati alurnya. 

Bagaimana untuk mendaptkah viewer banyak dalam blog?

Pertanyaan ini sangat luar biasa. Karena memang inilah yang akan menjadi penyemangat. Jadi untuk mendapat viewer banyak salah satunya kita harus banyak juga mengunjungi blog orang lain lalu menyampaikan komentar. Dan etikanya jika ada orang yang berkomentar di blog kita maka kita harus mengunjungi blog dan ikut berkomentar atau memberikan tanda like. cara lain agar viewer banyak adalah menulis judul dengan kata kunci yang sedang banyak dicari orang di google. Maka ketika orang mencari akan kena judul blog kita dan akan berkunjung ke blog kita. Masalah dia akan lanjut membaca itu tergantung kualitas tulisan kita.

Pemanfaatan blog dapat dijadikan efektif jika diberikan pada siswa kelas 5 SD. Kita harus mencoba berinteraksi dengan siswa melalui blog. Hal tersebut dapat memancing siswa untuk menukis dan bisa menjadi penulis.

Berikutnya kita bahas tentang kiat kita untuk berkomitmen dalam menulis di blog adalah kita harus mencari kenikmatan dalam menulis. Kita akan mengetahui komitmennya.

Menulis di blog itu sesuka kita. Mungkin untuk kita tulisan kita biasa saja. Tapi bisa saja tulisan kita baik menurut orang lain. Jadi yang utam,a adalah komitmen dan produktifitas.

Menulis judul dalam konten ,jika kita sudah mempunyai ide dasar maka tulis saja . Bisa juga dengan menulis  dengan 2 atau 4 paragraf terlebih dahulu lalu ambil kata-kata yang menendang. lakukan dengan komitmen 

Semangat dalam menulis itu tidak mengenal waktu. Kapan saja dan di mana saja. Kita dapat menulis beberapa tulisan di blog dalam setiap kegiatan sehari-hari maka akan banyak tulisan kita. tapi memang tidak langsung dipublikasikan. tapi kita save dan kita antrekan saja nanti baru kita publikasikan.

Ketika kita tidak mau menulis makan jangan dipaksakan untuk menulis. Lakukan menulis dengan hati yang ikhlas maka akan terlihat komitmen kita.

Blog yang sudah kita miliki sebaiknya sering diupdate agar blog kita bisa terjaga dan terawat. Tulislah apa yang kita ingin tulis.

Blog dinikmati dengan membaca tulisan dan tetap berkomitmen untuk menulis.Kita tidah boleh rendah diri dalam menulis. Siapa pun bisa menulis tidak harus melihat dari mana asal kita. Ketika melihat blog  orang lain bagus maka jadikan blog-blog yang ibu anggap bagus itu jadi penyemangat untuk terus berkomitmen dalam menulis.

Menulis di blog itu dapat dinikmati, Maka jika kita ingin mengajak rekan-rekan kita untuk menulis di  blog yaitu ketika kita sudah merasakan manfaat dari kebiasaan menulis blog bisa jadi ada yang menanyakan bagaimana cara menulis di blog. Intinya komitmen dan nikmati.

Menulis di blog sebaikanya tidak melaukan copy paste secara langsung. Namun kita dapat menulisnya dengan gaya bahasa kita sendiri. Kalimat yang kita gunakan boleh baku atau tidak baku boleh bersifat komunikatif dan mudah dipahami pembaca.

Pada intinya kita akan merasa puas dan nikmat jika tulisan yang kita buat adalah menggunakan bahasa kita sendiri. Komitmen harus tetap di jaga dan dinikmati agar  tulisan kita [enuh makna dan dapat bermanfaat untuk orang lain.