Rabu, 21 Juni 2023

Menulis itu Kebutuhan yang Menyenangkan


Gelombang ke: 29

Pertemuan Ke: 1

Hari/Tanggal: Senin, 19 Juni 2023

Pukul: 19.00-21.00 WIB

Materi: Menulis Setiap Hari

Pemateri: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Moderator: Raliyanti

Penulis Resume: Seliweliani,S.Pd.

Ketika saya membaca kalimat "Menulis itu Kebutuhan" , maka saya langsung teringat makan dan minum. Tanpa disuruh makan jika kita lapar maka akan segera makan karena itu sebuah kebutuhan buat tubuh kita , begitu juga dengan minum.

Kalimat tersebut saya baca dari ungkapan seorang pemateri yaitu Bapak Dr.Wijaya Kusumah, M.Pd. dalam materinya "Menulis Setiap Hari"

Bagi saya kalimat"Menulis itu Kebutuhan" dan "Menulislah Setiap Hari" merupakan kalimat yang sangat inspiratif. Dan menjadi motivasi bagi saya untuk menulis.

Menulis setiap hari, dan tidak perlu memikirkan ide. Jadi kita tulislah sesuatu yang sederhana, minimal apa yang ada di depan mata kita. Tulislah tentang hal itu. Apa yang sedang kita rasakan saat itu bisa kita tulis  melalui tulisan.

Namun, tentunya kita tidak boleh egois. Menulis saja tidak cukup. Kita harus juga membaca. Membaca karya orang lain itu penting karena bisa menjadi pembelajaran buat kita.  Selain itu, ilmu menulis pun harus kita pelajari. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Maka pelajarilah apa saja ilmu yang berhubungan dengan menulis . Mulai dari penulisan ejaan, tanda baca , dan lain-lain. 

Menulis jangan dijadikan beban. Menulislah dengan hati yang ikhlas maka hasilnya menulis itu menjadi menyenangkan. 

Jadi pelajaran buat saya setelah mengikuti materi di pertemuan pertama ini adalah saya harus tanamkan dalam hati bahwa menulis itu Kebutuhan yang harus dilakukan dengan  ikhlas dan  menyenangkan. Satu hal lagi saya harus terus belajar untuk meningkatkan ilmu menulis dengan banyak membaca. Jika sudah terampil menulis pasti akan ada hasilnya . Tetap semangat untuk terus menulis dan lakukan dengan  selalu berharap mendapat rida dari  Allah SWT agar apa yang kita tulis bermanfaat dan membawa keberkahan.

Terima kasih kepada Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. atas ilmunya. Salam sehat,berkah, dan bahagia selalu. 


2 komentar: