Jumat, 23 Juni 2023

Percaya Diri dalam Menulis



Gelombang Ke : 29

Pertemuan Ke: 2

Hari/Tanggal: Jumat, 23 Juni 2023

Pukul: 19.00-21.00 WIB

Materi: Teknik Penulisan Resume

Pemateri: Raliyanti, S.Sos,.S.Kom,M.Pd.

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd.

Penulis Resume: Seliweliani,S.Pd.


Berbicara tentang resume berarti kita akan merangkum sebuah materi atau bacaan. Karena pada dasarnya resume adalah rangkuman dari sebuah tulisan yang panjang. Jadi resume hanya menyampaikan atau menuliskan kembali  intisari materi pada tulisan.

Sebelum menulis resume sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara menulis resume. Menurut Bunda Raliyanti ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menulis resume, diantaranya kita harus mengamati materi yang disampaikan narasumber, gunakan gaya bahasa sendiri dengan tetap memperhatikan kaidah penulisan baku, kembangkan materi jangan sampai kita menyalin secara utuh materi tersebut, tulislah paragraf yang singkat agar pembaca tidak jenuh dan  akhiri resume dengan kesimpulan dengan tepat. 

Ada kalimat sangat inspiratif yang disampaikan oleh Bunda Raliyanti. Beliau mengatakan bahwa kita harus  menanamkan rasa percaya diri dalam menulis .  Bagi saya kalimat  tersebut  berarti kita tidak perlu malu dengan tulisan kita. Bunda Raliyanti pun mengatakan bahwa kita harus siap untuk dikritik. Sebuah kritikan itu akan bermanfaat untuk mengembangkan tulisan kita . 

Banyak menulis resume di blog itu dapat menanamkan mental bagi seorang penulis, Jadi kita harus terus belajar untuk beradaptasi. Jadikan kumpulan resume sebagai buku. Kita dapat memindahkan resume tersebut ke dalam dalam bentuk microsoft words , rapikan kemudian cari dan kirimkan ke penerbit.

Berdasarkan penjelasan materi di atas dapat disimpulkan bahwa dalam menulis resume ikuti langkah-langkahnya dengan tepat dan gunakan bahasa sendiri dengan tetap percaya diri . Jangan pernah malu untuk menulis. Menulislah jika kita ingin menulis. Tulislah apa yang kita rasakan, kita lihat dan tuangkan dalam pikiran kita.Tetap belajar  untuk menambah kemampuan kita dalam menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan. terimakasih kepada Bunda Raliyanti atas bimbingannya. Semoga bermanfaat untuk semua.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar